Sabtu, 25 Juni 2016

Posted by Ridlo Posted on Juni 25, 2016 | No comments

Dari Tugas Bangku Kuliah, Lahirkan Para Penulis Pemula

 
Mahasiswa dan Dosen berpose selesai peluncuran buku 

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), khususnya  mahasiswa jurusan Hubungan Internasional (HI), kembali menunjukkan produktivitas dan kemampuannya di bidang literasi penulisan buku. Delapan buku tahun ini kembali diluncurkan oleh mahasiswa Hubungan Internasional (HI) dari kampus swasta terbaik ini.

Buku-buku tersebut di-launching dan dibedah dalam acara bertema ‘Dinamika Media Era 2K’ di Theater UMM Dome, belum lama ini. Kedelapan buku yang diluncurkan merupakan antologi tulisan mahasiswa HI angkatan 2013 yang mengikuti mata kuliah Komunikasi Intenasional yang diampu dosen Ilmu Komunikasi UMM, Nurudin. Sebelumnya, mahasiswa HI UMM angkatan 2012 juga berhasil menerbitkan tujuh buku.

Terbitnya kedelapan buku tersebut dilatari tugas-tugas kuliah mahasiswa yang dinilai sang dosen memiliki kualitas isi, wawasan dan perspektif yang menarik.

“Sayang sekali jika keresahan mereka tentang peran media di dunia internasional hanya dijadikan lembaran-lembaran tugas yang tujuannya hanya mendapatkan nilai akademik saja,” ujar Nurudin.

Awalnya, ketika ditawari membuat buku, para mahasiswa mata kuliah tersebut ternyata sangat antusias. Akhirnya, mereka pun sepakat untuk membuat buku-buku bertema peran media dalam merespons fenomena-fenomena internasional saat ini,” katanya.

Nurudin mengungkapkan, sebagai dosen dirinya juga memementingkan proses selama perkuliahan, bukan semata-mata hasil untuk mahasiswanya.

"Saya sengaja mencari terobosan proses pembelajaran yang berbeda yang kelak bisa jadi berguna bagi mereka. Selain itu, nilai akreditasi prodi dari portofolio karya mahasiswa juga didapatkan. Yang penting ada nilai publikasi," imbuhnya Sabtu (25/6/2016).

Sudah sekitar 40an judul buku yang sudah dihasilkan mahasiswanya.
Belum ada yang best seller memang, karena menurutnya itu cuma kumpulan tugas mahasiswa.

"Mungkin enggak ada yang hebat. Hanya salah satu upaya memotivasi mahasiswa saja. Daripada tugas dikumpulkan terus dibuang?," demikian ungkap PD 1 Fisip UMM ini.

Delapan buku antologi yang diterbitkan yaitu “Menilik Peran Media Dibalik Fenomena Islamophobia”, karya Abul Nizam Al Zanzami dkk, “Entertainment Temptations” karya Aulia Syahirah dkk, dan “#Hastag” karya Insyira dkk. (amn)

0 komentar:

Posting Komentar